Rencana Pembangunan Pribadi

Diposkan oleh admin

Ikhtisar


Sebuah rencana pengembangan pribadi adalah panduan yang dibuat secara individual untuk meningkatkan diri, baik secara profesional dan pribadi, melalui serangkaian tujuan. Membuat rencana pengembangan pribadi dapat membantu untuk memberi fokus pada hidup Anda dan berfungsi sebagai peta untuk membuat Anda mencapai yang Anda inginkan. Ada beberapa ide-ide rencana pengembangan pribadi untuk membuat rencana seefektif mungkin.


Melakukan Penilaian Pribadi


Luangkan waktu untuk menilai diri Anda sehingga rencana pengembangan pribadi yang Anda buat akan sangat bermanfaat. Tuliskan riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan, kelemahan, kekuatan, kemampuan dan tujuan. Jika Anda tidak yakin apa kemampuan terbaik Anda, atau tidak yakin tentang apa tujuan untuk dikejar, ambil tes penilaian seperti tes kecerdasan atau bakat,yang dapat membantu untuk menentukan apa tujuan terbaik yang akan sesuai dengan Anda. Menerima umpan balik tentang diri Anda dari teman dan keluarga juga dapat membantu Anda menyelesaikan penilaian pribadi seakurat mungkin.


Bagilah tujuan menjadi tugas-tugas yang lebih kecil


Tujuan membantu memberikan perspektif tentang apa yang ingin Anda capai. Tujuan cenderung gagal ketika mereka menjadi terlalu muluk, tidak jelas atau sulit. Membuat tujuan dalam rencana pengembangan pribadi lebih mungkin untuk berhasil dengan memecah setiap tujuan ke dalam tugas yang lebih kecil, membuat tujuan yang tampaknya mustahil menjadi dapat dikelola. Tugas yang lebih kecil akan membantu Anda untuk tetap di trek. Sebagai contoh, jika tujuan Anda adalah untuk menjadi seorang penulis terkenal, maka satu tugas adalah “menulis tiga jam setiap hari.” Tugas kedua adalah, “mengedit pekerjaan yang ada satu jam per hari.” Tugas ketiga akan menjadi “meneliti publikasi yang mungkin mempublikasikan tulisan saya. ”


Strategi Belajar


Rencana pengembangan sering membutuhkan belajar sesuatu yang baru, sehingga siapapun yang ingin mengejar rencana pengembangan pribadi harus mencakup strategi belajar. Hal ini dapat berarti mengejar berita setiap hari, membaca buku nonfiksi jenis tertentu setiap minggu atau mendaftar di sekolah. Mentor, rekan kerja, teman dekat dan anggota keluarga juga dapat dimasukkan dalam strategi belajar jika mereka memiliki keterampilan yang Anda ingin pelajari.


Buat Jurnal Kemajuan


Buat jurnal kemajuan rencana pengembangan pribadi, baik di notes atau pada komputer, untuk melacak tujuan dan apa yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Jurnal kemajuan yang paling berguna harus diupdate setiap hari, dan merinci tugas-tugas harian yang harus diselesaikan. Coret tugas setiap hari begitu mereka selesai. Cobalah untuk memikirkan rencana pengembangan pribadi bukan sebagai dokumen yang diselesaikan, namun sebuah dokumen hidup yang dapat diperbarui dan direvisi. Jika Anda menemukan bahwa dalam jurnal kemajuan Anda, Anda tampaknya akan bergerak dalam arah yang berbeda dari rencana pengembangan pribadi Anda memerlukan, buat penilaian tujuan dalam rencana pengembangan pribadi Anda. Jika Anda masih ingin mengejar tujuan-tujuan, revisi rencana Anda jika perlu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment